Apa Makna Ayah Bagi mu ?

​Mereka masih asik menonton adegan dimana sang ayah pergi mencari nafkah di tengah hutan. Sesaat kemudian adegan berikutnya sang ayah tidak kunjung pulang ke rumah sedangkan mereka masih tetap menunggu hingga dua hari. Penonton ikut terharu bahkan ada yang menangis. Adegan selanjutnya menunjukkan sang ayah ternyata dimakan buaya.

Penonton masih menangis dan diantara mereka adalah mempunyai ayah yang kerjanya sama dengan yang difilm barusan. Ayah mereka pergi apakah mereka teringat, apakah mereka terharu, apakah mereka menangis, atau apakah mereka setidaknya gelisah ketika ayah tidak juga kembali setelah lewat adzan maghrib…?

Sekian banyak film yang yang menayangkan perjuangan seorang ayah dengan berbagai caranya. Seorang ayah tanpa istri (ibu) dengan dua anaknya, kemudian film dimana ayah seolah tidak peduli dengan keluarganya dan masih banyak lagi. Sebagai seorang anak pernahkah engkau merasa iba melihat belakang ayahmu yang kurus tampak tulang belakangnya meonjol setelah sekian hari berlelah untuk menghidupimu. Pernahkah engkau bertanya setidaknya menanyakan apakah ayah sudah makan. Pernahkah engkau untuk tidak bermuka masam padanya walau terkadang ia bersungut-sungut padamu.

Aku melihat kalian begitu terharu menonton film barusan sedangkan yang nyatanya aku tidak melihat sikap kalian yang demikian terhadap ayah sendiri. Bukan salah kalian untuk dilahirkan dengan kondisi ayah yang demikian tetapi kehadiran kita waktu kecil adalah kebahagiaannya. Jadi mari renungkan. Itu saja.  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s