PEREMPUAN

Banyak betul film yang sudah aku tonton, banyak juga kisah yang sudah aku baca, dan yang menjadi topik utamanya adalah PEREMPUAN.

Perempuan, aku tidak bisa mendeskripsikan bagaimana sebetulnya sosok itu. Tetapi aku sering dengar dan baca bahwa sosok itu adalah suatu keindahan yang tak dapat digambarkan dan tidak dapat dibandingkan dengan keindahan ciptaan Tuhan lainnya.

Bahkan bunga yang paling cantik sekali pun.

Perempuan yang ku tahu kebanyakan bersedia menjadi tempat berlindung dan memberikan lebih banyak seketika dia menerima sedikit saja asal dia diperhatikan keberadaannya. Sepele betul kau jadikan hatimu wahai Perempuan.

Aku bicara disini sebagai penonton, bukan laki-laki bukan juga perempuan.

Wahai Perempuan, semuanya berasal darimu. Jalan kebaikan dan pengharapan darimu, demikian juga pintu kemaksiatan dan keputus asaan juga berasal darimu. Janganlah kau bermurah hati mengucap janji setia menunggu, jangan pula secepat kilat lidahmu mengucap sumpah atas ketidak sukaanmu.

Perempuan, aku melihat, kau makhluk lemah. Lemah hatinya. Sebagaimana kuatnya tekadmu menutupinya tapi jiwamu remuk dan mati.

Perempuan, aku mendengar bahwa kaummu hanya mengingat kepedihannya yang sedikit setelah apa yang telah kau lakukan pada golongan yang lain. Tidakkah kau tahu Perempuan apa maksud dari pernyataan itu.

Perempuan, lagi aku ingatkan engkau. Jangan terlalu bermurah hati, gunakan logikamu dan nuranimu. Bukan hatimu, agar kau tidak tercabik-cabik.

Perempuan, kau sumber segala asal atas akhir keputusan yang kau torehkan. Dan dia, yang memberikan hatinya untuk berlindung dari dera dunia yang terlalu kuat pengaruhnya.

Jangan kau putus harapan seorang lawan dengan kepura-puraanmu, karena bukan dia saja yang akan tersiksa atas keputusanmu. Tetapi juga kau.

Perempuan, berkatalah Ya jika memang Ya. Tidak jika memang Tidak. Jangan kau buat drama mu sendiri di dunia ini. Karena sudah Tuhan yang tetapkan.

Perempuan. Hajab betul kau hidup, membekas dan memberi tanda atas setiap langkahmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s